Selasa, 12 Maret 2013

Aturan Foto Berjilbab Untuk Ijazah

TENTANG FOTO BERJILBAB
Siswa yang berjilbab atau mengenakan kerudung kini tidak perlu risau lagi untuk memasang pasfoto berjilbabnya untuk kelengkapan administrasi pendidikan. Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Depdiknas beberapa hari lalu sudah mengeluarkan surat edarannya mengenai masalah itu. Salah satu isi surat edaran No 1177/C/PP/2002 tertanggal 11 Maret 2002 tersebut menyebutkan siswa berjilbab boleh menggunakan pasfoto jilbabnya untuk kelengkapan administrasi pendidikan. 

Hal ini ditegaskan Dirjen Dikdasmen Depdiknas Dr Ir Indra Djati Sidi kepada KR usai dialog 'Temu Tokoh Nasional' di SMU Taruna Nusantara Magelang, Rabu (27/3). Didampingi Bachrul Ulum SIP (Ketua Umum Lembaga Perguruan Taman Taruna Nusantara) dan Brigjen TNI Bambang Prajuritno SH, Dirjen Dikdasmen menegaskan sekarang ini no problem dengan jilbab. 

"Siswa dapat mengenakan jilbab. Saya hanya me-refresh saja peraturan bahwa jilbab itu tidak ada masalah. Bahkan mereka bisa menentukan sendiri, seperti yang ada di SMU Taruna Nusantara, asal tidak mengganggu aktivitas," tegasnya. Dikatakan, perihal jilbab sebetulnya sudah ada ketentuannya. Hanya saja ada kasus-kasus tertentu masalah tersebut diangkat kembali.

Dalam surat edaran yang ditujukan kepada Kakanwil Diknas se Indonesia dan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan di Kabupaten maupun Kota se Indonesia, yang tembusannya diantaranya ditujukan ke Mendagri dan Otda, Menteri Agama, seluruh Gubernur, semua Bupati/Walikota dan Komisi VI DPR RI tersebut Dirjen Dikdasmen mengatakan memandang perlu mempertegas beberapa kebijakan berkenaan pakaian jilbab dan pasfoto guna mengambil langkah-langkah yang arif bagi kepentingan dan ketenangan kegiatan belajar-mengajar. 

Berkaitan dengan Evaluasi Belajar Tahap Akhir tingkat Nasional (Ebtanas), Dirjen Dikdasmen menegaskan pula hal itu memang perlu disempurnakan. Di SMU, lanjutnya, juga tetap ada ujian akhir yang disebut dengan Ujian Akhir Nasional. Ujian ini terdiri dari seluruh mata pelajaran. Nanti ada mata pelajaran yang disiapkan dan terpusat dari Jakarta, seperti Ebtanas dahulu, tetapi ada juga mata pelajaran yang ujiannya tetap menggunakan standar nasional dan dilaksanakan sekolah. Ini seperti pelajaran olahraga, yang diuji praktek olahraga beneran, bukan teori. Juga pelajaran agama, yang lebih menekankan pada praktik. "Ini semua untuk mengkoreksi masa lalu," tegasnya. 

Silahkan kunjungi alamat postingan aslinya di Aturan Tentang Foto Berjilbab

1 komentar:

  1. Wauww.. Postingannya sangat bagus dan bermanfaat buat banyak orang gan.. Nice share and thanks

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung di Blog sederhana ini. Salam sukses..!